Kamis, 22 September 2016

Contoh Surat Pemberitahuan

Contoh Surat - Bermacam - macam surat pemberitahuan dapat kita temui dalam sehari - hari yang memiliki ciri - ciri utama memberitahukan informasi tertentu, dibuat menggunakan bahasa yang baku, kalimat teratur yang bersifat resmi. Tentunya format pembuatannyapun harus diperhatikan dengan baik sehingga dapat membuatnya dengan benar.

Surat Pemberitahuan merupakan sebuah surat yang memberikan informasi perihal atau maksud suatu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan. Biasanya kegiatan yang akan dilakukan tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting dari suatu instansi atau organisasi. Surat pemberitahuan kegiatan atau keterangan kegiatan disampaikan kepada yang bersangkutan mengenai suatu hal atau maksud dan tujuan kegiatan tertentu.

Sebuah surat pemberitahuan diperlukan untuk menyampaikan berita atau informasi tentang suatu hal / kegiatan yang dianggap penting baik kepada perusahaan, orang tua siswa ataupun sekolah. Surat pemberitahuan kegiatan resmi adalah sebuah surat yang isinya berupa pemberitahuan kepada beberapa pihak tertentu berkenaan dengan suatu acara/ aktifitas / kegiatan yang membutuhkan izin ataupun tidak membutuhkan izin. Surat ini biasanya dibuat untuk melancarkan berjalannya sebuah kegiatan. Contoh dari surat ini dapat berupa seperti contoh surat pemberitahuan kegiatan sekolah / kampus atau contoh surat pemberitahuan kegiatan pemerintah kepada seluruh warga masyarakat.

Surat pemberitahuan kegiatan ini termasuk dalam surat resmi, sehingga dalam penulisannya harus menggunakan bahasa yang formal / baku sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Contoh Surat Pemberitahuan


Contoh Surat Pemberitahuan - Setelah memahami uraian diatas tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membuat surat Pemberitahuan yang baik dan benar bukan. Namun agar lebih jelas bagaimana format surat Pemberitahuan, berikut saya bagikan beberapa contoh surat Pemberitahuan. Perhatikan juga aspek-aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

Contoh Surat Pemberitahuan


Nomor  : 01/PHBI/XI/2017                                                              Ciamis, 12 Januari 2017
Lamp.   :  -
Perihal  : Pemberitahuan Lomba Adzan


Yth.
Kepala SMA NEGERI 2 Ciamis
di
     tempat


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji bagiNya dan syukur hanya untuk Allah swt, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw, keluarga, sahabat, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya. Aamiin.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Lomba Adzan se - Kabupaten Ciamis untuk memperingati maulid Nabi Muhammad yang dilaksanakan pada :
             
Tanggal : Kamis, 13 Januari 2017
waktu    : Pukul 07.00 - selesai
tempat  : Gedung Dakwah sadananya

Melalui surat ini kami bermaksud mengundang sekolah bapa/ibu untuk bisa mengirimkan peserta maxsimal 5 orang di acara tersebut. Demikian permohonan ini kami haturkan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

     Agis Amana                                                                                      Desti Aliman
                                           
  Ketua Pelaksana                                                                                      Sekretaris





Lihat Juga :

- Contoh Surat Keputusan
- Contoh Surat Permintaan Barang
- Contoh Surat Penawaran Barang



Contoh Surat Pemberitahuan II


KOP SURAT PERUSAHAAN
INSTITUT CV / PERUSAHAAN
Alamat Jl. ........... ....................
Telp :. ..... ........, Fax. : .....................

Bandar Lampung, 20 September 2012
Nomor    : 04/PIU/IX/2012
Perihal    : Pemberitahuan Tunggakan
Lampiran    : 1 lembar


Kepada,
Yth. Pimpinan PT. Surya Citra Citraan
Jl. Hayam Wuruk No. 34 Teluk Betung
Bandar Lampung


Dengan hormat,

Bersama surat ini kami beritahukan bahwa menurut catatan keuangan kami pada tanggal 19 September 2011, Anda masih memiliki kewajiban yang belum dibayarkan sebesar Rp 78.200.000,- (tujuh puluh delapan juta dua ratus ribu rupiah). Jumlah tersebut sesuai dengan faktur nomor 21/KRE/VI/2012. Kami sertakan pula salinan faktur tersebut untuk Anda periksa sesuai dengan data keuangan Anda.

Karena sampai saat ini kami belum juga menerima pembayaran dari Anda, dan sudah terhitung telah lebih dari tiga bulan melewati batas waktu yang telah kita sepakati sebelumnya, maka dengan ini kami sangat berharap anda segera melunasinya.

Jika mungkin data tersebut di atas tidak sesuai dengan catatan keuangan Anda, kami persilahkan untuk mengkonfirmasikan hal tersebut kepada kami.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.



Hormat Kami,
PT. Informatika de Experta


Deni Setiawan, S.E.
Manajer Departemen Keuangan


Contoh Surat Pemberitahuan III


PT. JAVA ANIMA DARMAJA
One Stop Busniness and IT Solution
Jl. Cempaka Blok C3 No.24 Perum. Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung
Website: http://xxx.co.id, Telp: (0721) 271411, Faks: (0721) 270836

SURAT PERINGATAN
No. : 02/HRD /IV/2013

Surat Peringatan ini diberikan kepada:

Nama       : Dahlan Iskan, A.Md.
Jabatan     : Staff Marketing

Surat Peringatan ini diterbitkan berdasarkan hasil rekap absensi perusahaan yang menunjukan adanya indikasi tindakan Indisipliner yang dilakukan oleh Sdr. Dahlan Iskan, A.Md., yaitu terlambat masuk kerja selama lebih dari 5x pada bulan April 2013.

Sebagai seorang karyawan, yang bersangkutan seharusnya mampu menjaga tata tertib kerja dan bersedia untuk tiba di tempat kerja pada waktu yang telah tercantum dalam Surat Perjanjian Kerja (jam 08.00 WIB).

Surat Peringatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan sekaligus peringatan kepada yang bersangkutan agar bersedia mengamalkan tata tertib pekerjaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.

Sehubungan dengan tindakan indispliner tersebut, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa larangan untuk menggunakan fasilitas perusahaan berupa Kendaraan Iventoris dan Peralatan Elektronik. Sanksi tersebut berlaku mulai tanggal dibuatnya surat peringatan ini sampai dengan 15 Mei 2013.

Diberitahukan juga kepada yang bersangkutan bahwa PT. Java Anima Darmaja hanya memberikan Surat Peringatan sekali, dan jika yang bersangkutan dikemudian hari melakukan kesalahan yang sama, maka PT. Java Anima Darmaja akan langsung memutuskan hubungan kerja dengan yang bersangkutan.

Demikian Surat Peringatan ini diberikan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan instropeksi diri.



Diterima dan disetujui olehDAHLAN ISKAN, A.MD. Bandar Lampung, 28 April 2013
Dibuat OlehYQIO MUHAMMAD H., S.E.
Manager HRD


Contoh Surat Pemberitahuan IV



PEMERINTAH KABUPATEN PATI

DINAS PENDIDIKAN

SMK N 1 PATI


Jalan Soekarno Hatta 12 Pati


Telepon : 02123456789

Pati, 14 Februari 2016

Nomor : ..... / ..... / ..... / .....

Perihal : Pemberitahuan

Lampiran : -



Yang terhormat,

Bapak/Ibu Wali Murid

Kelas XI SMK N 1 Pati

Di tempat



Dengan hormat,

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Komite SMK N 1 Pati beberapa waktu yang lalu mengenai pembayaran Tes Akhir Semester Genap tahun ajaran 2015/2016, dengan ini kami memberitahukan bahwa biaya untuk kegiatan tersebut adalah senilai Rp.50.000,00 (lima puluh ribu rupiah). Tes Akhir Semester Genap tahun ajaran 2015/2016 akan diselenggarakan pada 22 Februari 2016 sampai dengan 5 Maret 2016. Demi kelancaran kegiatan tersebut, harap Bapak/Ibu segera melunasi biaya Ujian Akhir Semester selambat – lambatnya tanggal 20 Februari 2016.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Mohon agar Bapak / Ibu menjadikan maklum. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.



Hormat kami,

Kepala SMK N 1 Pati,





Ahmad Nur Mujiono, M.Pd.

Seperti itulah beberapa tipe contoh surat pemberitahuan yang mungkin dapat Anda gunakan untuk diterapkan sebagai tugas Anda bagi yang bekerja maupun yang masih sekolah. Sekian dulu ulasan pada contoh artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel terbaru yang akan datang. Selamat mencoba !

0 komentar