Sabtu, 17 September 2016

Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat - Surat penawaran biasanya sangat diperlukan dalam aktivitas bisnis. oleh karena itu membuat surat penawaran dengan baik sangat diperlukan agar kerja sama bisnis bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan diberikan contoh surat penawaran yang memiliki bahasa yang baik sehingga mudah untuk dipahami. Pengertian surat penawaran yakni sebuah media dalam bentuk surat resmi untuk melakukan penawaran jasa atau barang dalam berbagai aktivitas ekonomi.

Surat penawaran banyak dipakai dalam aktivitas perdagangan dan bisnis, pada umumnya surat ini digunakan untuk menawarkan suatu produk atau jasa hasil produksi dari produsen barang kepada para pelaku bisnis lain seperti jaringan minimarket.

Selain digunakan untuk kepentingan perdagangan, surat penawaran juga sering digunakan dalam kepentingan bisnis tertentu. Oleh karena itu masyarakat umum sering menyebut surat ini sebagai surat bisnis. Surat pernyataan juga biasa digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan sebuah ikatan kerjasama antar perusahaan dalam bidang yang sama.

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa surat penawaran barang merupakan surat usaha yang dikeluarkan bersama dengan suatu produk yang ditujukan untuk konsumen. Tujuannya adalah untuk mewujudkan kelancaran dalam melakukan transaksi dengan buyer.

Contoh Surat Penawaran Barang


Contoh Surat Penawaran Barang - Setelah memahami uraian diatas tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membuat surat penawaran barang yang baik dan benar bukan. Namun agar lebih jelas bagaimana format surat penawaran barang, berikut saya bagikan beberapa contoh surat penawaran barang. Perhatikan juga aspek-aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

Contoh Surat Penawaran Barang


Purwokerto, 2 Agustus 2014


Kepada Yth :
Bapak Samsul Arif (Staf Promosi dan Akomodasi)
PT. MAJU SEJAHTERA
Jl. Raya Gatot Subroto No. 07 Purwokerto
di
Tempat.


Perihal : Penawaran pembuatan Marchandise PT. MAJU SEJAHTERA
Lampiran : 1 buah Proposal Penawaran, 1 lembar gambar sampel, 5 macam sampel produk



Dengan hormat

Bersama surat ini kami mengajukan penawaran kerjasama dalam pembuatan Marchandise PT. MAJU SEJAHTERA untuk keperluan Promosi dan publikasi PT. MAJU SEJAHTERA.
Sebagai informasi, perusahaan kami telah menangani beberapa perusahaan di Indonesia untuk masalah pembuatan Marchandise keperluan Promosi dan publikasi, oleh sebab itu kami mengajukan penawaran kerjasama dengan Bapak Samsul Arif (Staf Promosi dan Akomodasi) PT. MAJU SEJAHTERA untuk bekerjasama dalam pembuatan Marchandise PT. MAJU SEJAHTERA untuk keperluan Promosi dan publikasi PT. MAJU SEJAHTERA.

Untuk lebih jelasnya kami lampirkan beberapa lampiran sebagai penunjang penawaran kami kepada perusahaan Bapak Samsul Arif (Staf Promosi dan Akomodasi) PT. MAJU SEJAHTERA

Berikut lampiran yang kami sertakan :

1. 1 buah Proposal Penawaran,
2. 1 lembar gambar sampel,
3. 5 macam sampel produk

Demikian surat penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih



Hormat kami,

Manager Marketing CV. Mega




Bagas Setioso

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat penawaran barang berupa penawaran marchandise dari suatu perusahaan. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat penawaran barang.


Contoh Surat Penawaran Barang II


KOP SURAT
Perusahaan Anda

Kepada Yth,
Pimpinan Grobak Seo Teams
Jl. Sudirman Purwokerto
up. Bpk. Anorogo
di-
Tempat


Hal : Penawaran Kerjasama
Lamp. : –


Dengan hormat,

Kami dari Sekolah Internet . dalam hal ini bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan Grobak Seo Teams untuk menjadi distributor produk-produk kami berupa :

Produk elektronik
Perlengkapan perabot rumah tangga
Furnitur, dll.

Kami akan memberikan kompensasi yang sebanding kepada Grobak Seo Teams jika bersedia untuk menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

Mekanisme bentuk kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila Grobak Seo Teams merespon positif surat penawaran yang kami ajukan.

Demikian surat penawaran kerjasam ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Nb: Kami akan menunggu tembusan dari Bpk. Anorogo selaku pimpinan Grobak Seo Teams paling lambat 14 hari setelah surat ini Bpk. terima.


Purwokerto, 3 Mei 2015
Hormat kami,
Sekolah Internet


Moh Khuzazi Mulyani, S,kom

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat penawaran untuk salah satu distributor barang dari perusahaan yang bergera di bidang elektronik dan perabotan rumah tangga. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat penawaran barang.



Lihat Juga :

- Contoh Surat Pribadi
- Contoh Surat Rekomendasi
- Contoh Surat Persetujuan


Contoh Surat Penawaran Barang III


PT …………… ( nama Perusahaan )
Mesin Pertanian
Jl. Jakarta raya kuning no 2 . Jakarta Indonesia , no telp .................
Email : ..................

Nomor      :……………………………….
Lampiran  :………………………………


Kepada
Yth. Pimpinan perusahaan
( Nama perusahaan )
Jln. ……………………………


SURAT PENAWARAN BARANG

Dengan hormat,

Kami perusahaan yang bernama PT …………….  yang bergerak di bidang mesin pertanian bermaksud menawarkan produk milik kami kepada perusahaan Saudara dengan harga yang lebih murah di bandingkan dengan perusahaan lainnya, dengan kualitas mesin yang terjamin dan bergaransi. Adapun produk yang kami tawarkan kepada anda mempunyai spsifikasi sebagai berikut:

Merek dan warna :………………………….
Jenis barang :………………………….
Tahun pembuatan :……………………….
Harga :………………………
Pembayaran : ( tergantung perusahaannya bisa cash atau kredit)

Besar harapan saya Saudara tertarik dengan produk yang kami tawarkan. Kami juga akan memberikan diskon sebesar 20% untuk pembelian pertama kepada Saudara. Bila Saudara berminat dengan produk kami. Untuk informasi lebih lanjut, Saudara dapat menghubungi kami ke jln. .......... , ph……. , no telp, …………

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.



Hormat saya,


( nama pemimpin perusahaan )

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat penawaran barang kepada pengusaha di bidang pertanian dari perusahaan yang berjalan di bidang mesin pertanian. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat penawaran barang.


Contoh Surat Penawaran Barang IV


KOP SURAT PERUSAHAAN
Alamat Perusahaan
Telp. ................., Fax. : ...................

Magelang 12 Mei 2015


Kepada Yth,
PT. Damai Abadi
Di - Magelang


No       : 033/PNWRN/2015
Hal      :  Penawaran Barang
Lampr :  3 Berkas


Dengan Hormat

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Sejalan Bersama yang beralamat di Jln. Melati no 21 Magelang. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang peralatan kantor dan sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama di kota magelang dan kota - kota besar lainnya di wilayah Indonesia.

Sesuai informasi yang kami peroleh, PT. Damai Abadi merupakan perusahaan yang menjual berbagai peralatan kantor yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan peralatan kantor dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas yang terjamin.

Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok barang peralatan kantor di PT. Damai Abadi. Harapan kami penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk jalinan kerjasama sehingga bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan daftar harga produk peralatan kantor yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut kapan saja.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian yang di berikan dan kerjasamanya kami sampaikan banyak banyak terima kasih



Hormat Kami


PT. Sejalan Bersama

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat penawaran barang yang menawarkan produk peralatan kantor kepada salah satu perusahaan yang menjual berbagai peralatan kantor lainnya. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat penawaran barang.

Demikian info seputar contoh surat penawaran barang yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 komentar