Jumat, 06 Januari 2017

Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat - Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga.Untuk menulis surat pribadi sangatlah mudah karena kita diperbolehkan menggunakan bahasa tidak harus baku. Jadi, kita bisa lebih komunikatif ketika berkirim-kirim surat bersama dengan teman atau pun keluarga kita yang sedang jauh.

Contoh Surat Pribadi


Contoh Surat Pribadi - Setelah memahami uraian diatas tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membuat surat pribadi yang baik dan benar bukan. Namun agar lebih jelas bagaimana format surat pribadi, berikut saya bagikan beberapa contoh surat pribadi. Perhatikan juga aspek-aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

Contoh Surat Pribadi


Bulak Kamba, 10 Mei 2015

Sahabtaku tercinta, Dewi Anjani
di Tempat

Hay Dewi kabarku baik dan sehat. Bagaimana denganmu? aku harap kau juga sehat di sana. Aku juga rindu kepadamu, sebenarnya aku ingin sekali mengunjungimu di sana. Tapi maaf ya, aku saat ini sedang sibuk dengan pekerjaan-pekerjaanku. Aku janji deh, liburan bulan depan aku pasti akan mengunjungimu. Kamu siapkan makanan kesukaanku ya hhee?

Wah aku juga ikut berbahagia mendengarnya, tetapi sayang aku tidak bisa menghadirinya. Tolong sampaikan saja salam dan doaku kepadanya, semoga mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Jelas aku masih ingat dengan warna favoritmu, kita kan bersahabat sudah lama.

Sekian dulu ya surat dariku. Tunggu kedatanganku liburan bulan depan yang akan datang. Sampai jumpa yaa.


Peluk Hangat,
Sahabat baikmu,


ttd
Amanada Putri

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pribadi seseorang kepada sahabatnya yang berada beda kota dengannya. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi II


Bogor, 7 April 2015

Untuk sahabtku tersayang
di Kampung Rejo

Assalamuaialkum . .

Hay Shinta, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Bogor, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Bogor.

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasisswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini.

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ara menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamuaalikum . .
 
Sahabatmu,


ttd
Dina Saraswati

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pribadi seseorang kepada sahabatnya yang berada beda kota dengannya. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pribadi.



Lihat Juga :

- Contoh Surat Rekomendasi
- Contoh Surat Persetujuan
- Contoh Surat Pindah


Contoh Surat Pribadi III


Bandung, 5 Mei 2015

Kepada sahabatku tercinta, Amanda
di Metro

Halooo Amanda, Apa kabar? aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat di sana. Eh Amanda, aku sangat kangen denganmu. Kalau ada waktu, main dong ke tempatku, sepertinya kamu sibuk sekali sampai-sampai tidak pernah mengunjungi aku lagi. Sebenarnya kali ini aku yang ingin datang ke tempatmu, tapi karena suatu alasan sepertinya aku harus mengurungkan niatku.

Amanda, kamu masih ingatkan dengan Sonya, teman lama kita? Ada kabar baik yang datang darinya bahwa minggu depan dia akan melaksanankan pernikahan. Dia pun mengundang aku dan berharap kamu bisa menghadirinya. Oh iya, satu lagi, terimakasih ya atas hadiah yang kau berikan kepadaku kemarin. Aku sangat menyukainya. Ternyata kamu tidak lupa dengan warna favoritku.

Sudah dulu ya, lain waktu kita sambung kembali.

Sahabatmu,


ttd
Dewi Anjani

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pribadi seseorang kepada sahabatnya yang berada beda kota dengannya. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi IV


Maluku Utara, 1 April 2015

Untuk Sahabatku Dina
di Bogor

Assalamualaikum. . .

Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?

Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum . .

Salam Manis,
Sahabatmu


ttd
Shinta Putri Dewi

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pribadi seseorang kepada sahabatnya yang berada beda kota dengannya. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi V


Dear Name,
In today’s fast world it’s difficult to find a true friend like you. I sometimes think I am very lucky to get you as without you life would have been very boring .I still remember the first day of school when we were young, you called me and gave a seat besides you. It’s now almost 15 years and our relationship have grown in past years. I would like to thank you for being there for me for the ups and downs of my life.

Last year when my father passed away you were a support to me and my family. I don’t know what I would have done without you then. You were more helpful than my relative’s .I can never forget how you stayed back in the hospital late night just to support me and my mother.
I cherish every moment of life we spent together. Though you are away from me I still feel that you are close to me. How are your studies going? Last time when you wrote you seemed little worried about the portions. I know you will easily pass your engineering also with flying colors.

When are you next holidays? I am eagerly waiting to meet you and spend some good time together.

I would like to thank you for being my friend and being there for me.
With best wishes,


Truly yours,

Your Name

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pribadi dengan menggunakan bahasa Inggris. Si penulis surat ingin mengabarkan bahwa ayahnya telah meninggal bebeberapa waktu yang lalu. Mungkin contoh - contoh surat diatas dapat dijadikan sebagai contoh untuk membuat surat pribadi Anda sendiri.

Demikian info seputar contoh surat pribadi yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 komentar