Rabu, 03 Januari 2018

Contoh Surat Undangan Acara Resmi

Kalini saya akan berbagai dengan sahabat pembaca mengenai surat undangan acara resmi yang dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan atau referensi dalam membuat surat undangan resmi yang baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan surat yang berlaku.

Seperti diketahui, surat undangan resmi biasanya harus ada dalam berbagai acara yang sifatnya resmi seperti rapat perusahaan atau kantor, acara syukuran seperti pernikahan ataupun maulid nabi dan pengajian, bahkan biasanya surat undangan resmi juga wajib ada dalam acara pentas seni dan ulang tahun karena pada dasarnya acara seperti ini memang diselenggarakan secara khusus, untuk membuat surat undangan resmi yang benar pun tidaklah sulit, dan ini juga berlaku untuk surat undangan rapat baik itu di sekolah maupun di kantor.

Pada dasarnya surat itu ada dua macam, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Meskipun keduanya sama-sama menyandang statusnya sebagai "surat", namun cara menulisnya berbeda. Surat resmi harus ditulis dengan lengkap dan ada aturan-aturan tertentu yang tidak boleh dihilangkan sebagaimana surat tidak resmi yang biasanya akan menggunakan bahasa yang tidak formil.

Contoh Surat Undangan Resmi


Berikut ini dua buah contoh surat undangan resmi yang dapat Anda jadikan sebagai bahan perbandingan.

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan



PT I Gun Mogajaya
Nomor : 021 / MARET /XI / 1998
Hal : Undangan Rapat
Lampiran : -
   
Kepada Yth :
                                                                                   
Ibu Yessi
Staf Administrasi
PT I Gun Mogajaya
Di Tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara ulang tahun PT I Gun Mogajaya pada tanggal 30 Maret 1998, maka dimohon untuk seluruh staf administrasi untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal     : Sabtu, 25 Maret 1998
Waktu        : 13.00 WIB – 16.00 WIB
Tempat    : Ruang Meeting PT I Gun Mogajaya

Demikian surat undangan rapat ini di buat dengan sebenar benarnya, mengingat pentingnya acara rapat ini, dimohon agar bisa hadir dalam rapat tepat waktu dan atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua Panitia


Sony Gunawan Zen

Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah


Bagi siswa sekolah yang merupakan anggota osis dan ditugaskan membuat surat undangan resmi untuk acara tertentu, silakan simak contoh surat undangan resmi yang baik dan benar berikut ini:

OSIS SMK Negeri 1 PURBALINGGA
Jl. Mayjend Sungkono Nomor 2127 Kalimanah, Purbalingga.


Purbalingga, 21 Maret 1998


No: 03/OSIS/UND EX/V/13
Lamp : -
Hal: Undangan Rapat Kompetisis Futsal

Kepada Yth

Perwakilan Kelas Siswa SMK N 1 Purbalingga
SMK Negeri 1 Purbalingga
Jl. Jl. Mayjend Sungkono Nomor 2127, Purbalingga

Dengan hormat,

Sehubungan dengan ulang tahun Kabupaten Purbaligga pada 27 Juni 1998, kami selaku pengurus OSIS SMK N 1 Purbalingga memohon kehadiran perwakilan masing masing kelas X,XI dan XII untuk menghadiri rapat kompetisi futsal sebagai peringatan ulang tahun Kabupaten Purbalingga yang akan diselenggarakan pada :

Hari     : Sabtu, 21 Maret 1998- Senin 23 Maret 1998
Waktu     : Pukul 11.00 WIB S/D Selesai
Tempat :  Aula SMK N 1 Purbalingga
Acara     : Rapat Kompetisi Futsal

Mengingat pentingnya acara rapat kompetisi futsal tersebut, dimohon untuk setiap kelas agar mewakilkan wakilnya untuk menghadiri rapat tersebut dan di mohon hadir dalam rapat tepat waktu demi kelancaran acara rapat kompetisi futsal ini.

Hormat kami

Yessi

Ketua Osis SMK N 1 Purbalingga

0 komentar