Minggu, 02 Oktober 2016

Contoh Surat Izin

Contoh Surat - Surat permohonan adalah salah satu jenis surat yang dibuat dengan tujuan untuk meminta / memohon sesuatu oleh sipembuat surat yang dalam hal ini bisa mengatasnamakan personal atau pun mewakili kelompok tertentu.

Surat permohonan merupakan surat yang berisi mengenai permohonan atau permintaan tentang sesuatu hal kepada pihak terkait, baik perseorangan, badan, organisasi, perusahaan ataupun instansi. Permohonan yang ditujukan macamnya banyak sekali, mulai dari memohonan izin, memohonan dana, memohonan bantuan, memohonan kerja sama, dan lain sebagainya. COntoh surat permohonan pun terdiri dari beberapa jenis surat yang dinamakan atau disebut berdasarkan tujuan dan isi surat yang dimaksud, misalnya seperti surat permohonan izin, surat permohonan cuti, surat permohonan beasiswa, surat permohonan kehadiran, surat permohonan kerjasama, surat permohonan pengadaan barang, surat permohonan kegiatan acara, dan masih banyak lagi jenis contoh surat permohonan yang ada. Jadi surat permohonan ini berfungsi juga sebagai bukti tertulis bahwa kita melakukan atau membuat permohonan kepada pihak yang bersangkutan agar teradministrasikan dengan baik yang berguna baik bagi pemohon maupun bagi pihak yang termohon.

Surat Permohonan izin ini berfungsi untuk memohon izin. Surat ini dibuat oleh pereorangan ataupun lembaga/ organisasi/ perusahaan ataupun instansi, baik yang negeri maupun swasta. fungsinya pun dapat berguna untuk perseorangan ataupun tujuan untuk lembaga/ organisasi/ perusahaan ataupun instansi itu sendiri.

Sama seperti surat resmi pada umumnya, surat permohonan izin juga harus memenuhi kriteria dalam menulis surat resmi. Maka dalam membuat surat permohonan izin tersebut kita harus lebih terperinci dan detail seperti terdapat kop surat, tempat dan tanggal surat dibuat, isi surat yang ditulis dengan bahasa yang sopan serta dengan singkat, padat dan jelas, kepada siapa surat permohonan izin tersebut ditujukan dan dari siapa surat tersebut ditulis. Lampirkan pula dokumen – dokumen pendukung jika diperlukan, misalnya seperti proposal, surat rekomendasi kegiatan, rundown acara kegiatan, daftar panitia, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Izin


Contoh Surat Izin - Jika Anda sudah mengerti definisi surat izin seperti yang kami beberkan diatas, dibawah ini kami sudah siapkan contoh - contoh surat izin yang baik dan benar untuk Anda simak sebagai bahan referensi.

Contoh Surat Izin


Bandung, 6 September 2016

Perihal                 : Izin Tidak Mengikuti Kuliah
Lampiran            : 1 lembar


Kepada Yth,
Bapak. Ir. Cecep Hari Irawan, M.Si
Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Indonesia Cerdas Kota Bandung


Dengan hormat,
saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                    : Andhika Geovanny
NIM                       : 1415000333
Kelas                     : Matematika Dasar 1
Jurusan                : Ilmu Teknologi Matematika Terapan
Fakultas              : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti mata kuliah Matematika Dasar 1 pada angkatan 2015 yang Bapak berikan pada hari Selasa tanggal 6 September 2016 dikarenakan saya sedang sakit. Permohonan izin ini saya ajukan sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter yang tertea pada Surat Keterangan Sakit dari dokter yang saya lampirkan bersama dengan surat ini. Di dalam surat keterangan tersebut juga dijelaskan tentang kondisi saya saat ini dan lamanya saya diharuskan beristirahat dan tidak mengikuti perkuliahan terlebih dahulu. Sedangkan tugas yang Bapak berikan minggu lalu, saya menitipkan hasil tugas saya kepada teman saya untuk diserahkan kepada Bapak bersamaan dengan surat ini, dan untuk tugas selanjutnya jika Bapak memberikan tugas ketika saya tidak masuk, akan saya cari tahu tugasnya melalui teman dan memberikan tugas tersebut ketika saya sudah masuk nanti.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat. Mohon kiranya untuk dapat dimaklumi. Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,


Andhika Geovanny

Penting untuk diperhatikan bahwa telah disebutkan bahwa dalam membuat surat permohonan harus lebih terperinci dan detail. Selain itu surat permohonan juga harus diketik secara rapi dan menggunakan kertas dengan ukuran pada umumnya. Biasanya ukuran kertas yang digunakan adalah kertas HVS ukuran A4. Dan apabila permohonan tersebut dilakkan secara perorangan maka tidak diperlukan adanya kop surat, tetapi jika surat permohonan tersebut mengatasnamakan organisasi atau instansi maka adanya kop surat merupakan hal yang wajib ada dalam surat permohonan sesuai dengan tata naskah surat resmi.



Lihat Juga :

- Contoh Surat Niaga
- Contoh Surat Keterangan
- Contoh Surat Perjanjian


Contoh Surat Izin II


ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jl. Teratai Merah Muda No. 102 – 104 Bandung 67033
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Nomor                 : 22/OS60/SU/9/16
Sifat                       : Penting
Lampiran            : 1 Berkas Proposal
Hal                         : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,
Bapak Kepala
SMA Negeri 60 Kota Bandung
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA Negeri 60 Kota Bandung yang ke 25, kami bermaksud mengadakan acara syukuran bagi seluruh warga SMA Negeri 60 Kota Bandung guna memperat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas warga SMA Negeri 60 Kota Bandung yang akan diadakan pada :

Hari/ Tanggal   : Sabtu, 10 September 2016
Waktu                  : 09.00 sampai selesai
Tempat                : Gedung Serbaguna SMA Negeri 60 Kota Bandung

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Atas perhatian dan  dukungan Bapak, kami ucapkan terima kasih.


Wasalamualaikum Wr. Wb.

Sekretaris OSIS                                                                                Ketua OSIS


Mhytha Lestari                                                                                 Rizky Adrian

Selain dari segi bahasa dan ejaan yang benar, bagian – bagian dari surat permohonan izin juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai surat permohonan izin yang kita buat malah tidak dimengerti karena ada bagian yang hilang.

Contoh Surat Izin III


DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Nomor                 : 005/PK/60/VIII/2016
Perihal                 : Pemberitahuan Libur Sekolah


Kepada Yth,
Orang Tua Siswa  – Siswi
SMA Negeri 60 Kota Bandung


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Seseuai dengan agenda kegiatan untuk siswa- siswi baru SMA Negeri 60 Kota Bandung yaitu kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) untuk mendidik siswa – siswi baru agar menjadi siswa – siswi yang Mandiri, Terampil dan Bertanggung Jawab, maka kami bermaksud untuk memohon kepada Bapak / Ibu sebagai Orang Tua / Wali Murid untuk mengizinkan putra /  putrinya dalam mengikuti kegiatan tersebut yang pelaksanaannya Insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari                 : sabtu s.d minggu
Tanggal           :  24 – 25 September 2016
Waktu             :  08.00 s.d selesai
Tempat            :  Bumi Perkemahan Alam Segar Jalan Raya Kabupaten Bandung Km. 90 – 92 Kabupaten Bandung

Mengingat akan pentingnya kegiatan tersebut, kami mohon agar Bapak / Ibu sebagai Orang Tua / Wali Murid dapat memberikan izin. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak / Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Bandung, 6 September 2016
Kepala SMA Negeri 60


Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd

Itulah pembahasan mengenai contoh surat permohonan izin untuk berbagai jenis keperluan yang dapat menjadi referensi dalam menulis surat permohonan izin yang baik dan resmi. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, sampai jumpa di update contoh surat berikutnya.

0 komentar