Kamis, 01 Desember 2016

Contoh Surat Pindah

Contoh Surat - Surat keterangan pindah adalah sebuah surat yang dibuat untuk tujuan memberikan keterangan bahwa yang bersangkutan atau suatu perusahaan akan pindah tempat dari tempat yang didudukinya ke tempat yang baru. Suatu misal anda mempunyai sebuah perusahaan yang sekarang beralamat di Jakarta dan ingin pindah ke Surabaya, maka anda membutuhkan surat keterangan pindah.

Pada suatu kondisi, anda bisa dihadapkan dengan pilihan untuk berpindah dari tempat dimana anda tinggal selama ini. Misalnya saja, bagi anda yang telah melangsungkan pernikahan dengan seseorang yang berdomisili di wilayah berbeda. Hal ini, dialami oleh sebagian besar orang terlebih bagi seorang istri. Meski ada sebagian yang memilih tinggal di wilayah pihak wanita, namun kebanyakan akan pindah ke wilayah tempat tinggal suami. Oleh karena hal tersebut, anda akan diminta untuk melalui berbagai proses yang nantinya akan mendapatkan Surat Pindah Domisili. Surat ini menjadi salah satu persyaratan agar anda diakui sebagai warga di wilayah baru yang nantinya akan anda tempati.

Seringkali karena anda dimutasi dari tempat kerja yang lama, tentunya anda juga harus berpindah domisili. Memiliki surat pindah domisili menjadi sebuah keharusan demi melengkapi berbagai administrasi yang diperlukan untuk pindah.

Permohonan pindah bisa diajukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga anda atau pun dalam bermasyarakat. Ada kalanya seseorang ingin pindah kerja ke tempat yang lebih nyaman dengan berbagai alasan yang berbeda – beda. Misalnya saja alasan karena tempat kerja sangat jauh dari rumah, atau ingin bekerja di tempat domisili sehingga anda bisa tetap tinggal dengan keluarga anda sewaktu bekerja. Saat ini banyak sekali orang yang bekerja yang jauh dari sanak famili bahkan dari keluarga sendiri.

Dalam membuat surat permohonan kerja perlu diperhatikan beberapa hal. Hal yang pertama adalah sertakan informasi tentang diri anda. Informasi ini sangat penting untuk dicantumkan dalam surat. Yang kedua adalah dengan mencantumkan alasan mengapa anda ingin berpindah tempat kerja. Buatlah alasan yang rasional atau masuk akal sehingga alasan tersebut bisa diterima dengan baik oleh pihak tempat di mana anda bekerja. Anda juga harus melampirkan beberapa hal seperti fotocopy SK dan lain – lain yang diperlukan.

Intinya anda harus memaparkan diri anda dan tempat di mana anda bekerja. Kemudian utarakan alasan kenapa ingin pindah, dan juga paparkan di mana tempat yang ingin anda tempati untuk berpindah. Dengan semua informasi tersebut pihak terkait dapat mempertimbangkan dengan sebaik – baiknya tempat kerja yang terbaik untuk diri anda.

Contoh Surat Pindah


Contoh Surat Pindah - Setelah memahami uraian diatas tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membuat surat pindah yang baik dan benar bukan. Namun agar lebih jelas bagaimana format surat pindah, berikut saya bagikan beberapa contoh surat pindah. Perhatikan juga aspek-aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

Contoh Surat Pindah


KOP SURAT

Aceh Besar, 02 September 2015


Kepada Yth,
Kepala SMP Negeri 1 Kota Jantho
Di Aceh Besar


Perihal : Permohonan Pindah Surat


Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua/wali murid dari :
Nama : Irvan Anggitiya Ramadhani
Tempat/Tgl. Lahir : Aceh Besar, 20 Maret 1995
Sekolah Asal : SMPN 1 Kota Jantho Aceh Besar
Kelas : XI (sebelas)
Nomor Induk : 7764 389207
Dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMPN 1 Kota Janthio Aceh Besar untuk masuk ke SMPN 17 Banda Aceh. Hal tersebut dikarenakan tuntutan tugas dari orang tua yang harus pindah tugas ke Banda Aceh, sehingga lokasi sekolah lebih dekat dengan tempat tinggal.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar harapan kami sekolah memberikan izin atas permohonan ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.



Hormat saya,

Materai 6000

Suhendar

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pindah yang di ajukan oleh orang tua/wali murid. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pindah.


Lihat Juga :

- Contoh Surat Peringatan

Contoh Surat Pindah II


KOP SURAT

Purworejo, 5 Agustus 2015



Hal : Permohonan Pindah Tempat Kerja


Kepada Yth,
cq. Dinas P dan K Kabupaten Purworejo
Di Purworejo


Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Farhan bukan Abbas, S.Pd
NIP : 47656 896777
Tempat, Tanggal Lahir : Purworejo, 8 Agustus 1978
Pendidikan Terakhir : S1 Universitas Negeri Malang
Pangkat/Golongan : Penata Muda III/a
Unit Kerja : SDN Karang Duwur, UPTD P dan K Kec. Kemiri
Alamat Rumah : Ds. Krendetan, Kec. Begalen, Purworejo
Pada surat ini perkenankanlah saya untuk mengajukan permohonan pindah kerja di salah satu SD yang berada di wilayah UPTD P dan K yang berada di wilayah kecamatan Bagelen kabupaten Purworejo. Permohonan ini saya buat dengan alasan mendekatkan diri antara tempat tinggal dengan tempat kerja.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK PNS

Demikian surat permohonan ini saya buat agar bisa dipergunakan dengan sebaik–baiknya dan sebagaimana mestinya.




Hormat saya,


Farhan bukan Abbas, S.Pd
NIP. 47656 896777

Surat diatas merupakan contoh surat pengajuan pindah yang dibuat oleh seorang pns. Biasanya seorang pegawai negeri sipil dapat menajukan permohonan izin pindah dinas setelah beberapa waktu diangkat menjadi pns. Berikutnya kami akan berikan contoh lain dari surat pindah.

Contoh Surat Pindah III


KOP SURAT

Jakarta, 14 Januari 2013



Kepada Yth,
Wakil Rektor Bidang Akademik
Penelitian dan Kerjasama
Di Tempat

Surat Permohonan Pindah Kuliah

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Imanuella Natalia G
NIM : 577656978944
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 22 Desember 1993
Jurusan : Sastra Inggris
Semester : 1 (Satu)
Alamat : Jl. Danau Batur 5 No. 30 Tangerang
Melalui surat ini saya mengajukan permohonan untuk pindah dari Universitas Bina Nusantara ke Universitas Trisakti Fakultas Sastra Inggris mulai Tahun Ajaran baru 2013/2014 (Awal Pembelajaran Semester II) oleh karena permintaan orang tua.

Bersama surat ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy ijazah SMA
  2. Fotocopy kartu mahasiswa Bina Nusantara
  3. Fotocopy KTP
  4. Daftar mata kuliah yang di tempuh di Universitas Bina Nusantara

Saya sangat berharap dikabulkannya permohonan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.




Mengetahui Orang Tua,                                                                                  Hormat saya,



Abigail Antoni                                                                                       Imanuella Natalia G

Surat diatas merupakan surat keterangan pindah kuliah oleh seorang mahasiswa di sebuah univeristas karena permintaan dari orang tuanya. Semoga contoh surat diatas dapat menambah wawasan dan referensi Anda.

Demikian info seputar contoh surat pindah yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 komentar